Terapi Gen Efektif Obati Penyakit Ginjal

Penelitian terapi gen untuk mengobati penyakit ginjal mulai menunjukkan titik terang.

Berdasarkan hasil ini, terapi gen dapat dilakukan untuk mengobati penyakit ginjal monogenetik, karsinoma sel ginjal dan untuk menginduksi toleransi transplantasi.

Terapi gen melibatkan konversi gen menjadi sel-sel tubuh untuk mengobati atau menghentikan penyakit. Gen mengandung DNA yang mengendalikan sebagian besar bentuk dan fungsi tubuh untuk mengatur sistem tubuh. Jika gen tidak bekerja dengan baik, mereka dapat menyebabkan penyakit.

Mayo Clinic menulis bahwa gen yang salah dapat diganti dengan terapi gen. Tidak hanya itu, perawatan ini dapat digunakan untuk menambah gen baru dalam upaya menyembuhkan penyakit atau meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan penyakit.

Dipercayai bahwa terapi gen dapat mengobati berbagai penyakit seperti kanker, fibrosis kistik, penyakit jantung, diabetes, hemofilia, dan AIDS. Meskipun para peneliti masih mempelajari bagaimana dan kapan terapi harus digunakan. Saat ini, terapi gen masih tersedia sebagai bagian dari uji klinis di Amerika.

Satu studi menghasilkan hasil yang menggembirakan untuk uji klinis dengan karsinoma sel ginjal. Terapi gen menggunakan sistem vektor non-virus dapat mengurangi beban tumor.

Tidak hanya itu, terapi gen juga dapat digunakan untuk mengatasi gangguan genetik pada ginjal, seperti penyakit ginjal polikistik dominan autosom dan sindrom alport.

Penyakit ginjal polikistik atau disingkat PKD adalah penyakit ginjal bawaan yang menyebabkan adanya kista berisi cairan di dalam ginjal. PKD dapat merusak sistem ginjal dan merupakan penyebab utama gagal ginjal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *